Google Voice Maker Untuk Bikin Nada Dering Sendiri, Ini Dia Fiturnya!

Table of contents [Expand]

Bagaimana cara pasang Google Voice Maker jadi nada WA dengan mudah? Sebenarnya panduan pemasangannya tidak memerlukan trik khusus, prosesnya seperti memasang ringtone WA pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini!

Google voice maker
Google voice maker

Google Voice Maker sendiri adalah situs penyedia alat atau generator pengubah text menjadi suara yang cukup populer di Indonesia menggunakan text to speech engine dari Google Cloud. Situs ini memiliki banyak fitur unggulan yang tidak dimiliki situs lainnya yang serupa. Lalu, apa saja fitur Voice Maker?

#1 Fitur Unggulan yang Ada di Google Voice Maker

Fitur Modifikasi Suara Di Voice Maker
Fitur Modifikasi Suara Di Voice Maker

jika Anda ingin membuat nada dering unik dan menarik, maka sebagai rekomendasi gunakan situs Voice Maker. Sebab, situs generator text to speech ini memiliki fitur lengkap. 

Sebelum membahas mengenai cara pasang Voice Maker jadi nada WA agar lebih menarik. Yuk, ketahui terlebih dahulu fitur-fitur yang ada di Voice Maker berikut ini.

1. Voice Effect

Voice Effect merupakan fitur yang memudahkan pengguna menentukan efek suara yang diinginkan. Setidaknya ada tiga efek suara yang tersedia dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu breathing, soft, dan whispered. 

2. Pauses

Pauses memiliki fungsi untuk memberikan jeda antara satu kata dengan kata lain, termasuk bisa digunakan untuk membuat jeda antar kalimat. Pada fitur Pauses terdapat pilihan waktu jeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

3. Emphasis

Emphasis adalah fitur Voice Maker yang digunakan untuk mengatur penekanan pada tulisan yang ingin ditonjolkan. Fitur ini tersedia dalam tiga pengaturan yaitu strong, moderate, dan reduced. Pilih sesuai kebutuhan Anda.

4. Voice Speed

Voice Speed adalah fitur untuk mengatur kecepatan suara yang dihasilkan, lambat cepatnya suara bisa Anda atur melalui fitur ini. Tersedia pilihan pengaturan voice speed seperti slow, medium, fast, x-slow, dan x-fast.

5. Voice Pitch

Voice Pitch adalah fitur untuk mengatur ketepatan tinggi rendahnya suara dari text to speech yang dihasilkan. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mengatur intonasi nada suara audio yang diinginkan sesuai kebutuhan.

6. Voice Volume

Voice volume adalah fitur untuk mengatur keras lembutnya suara yang dikeluarkan dari alat generator tulisan jadi suara Voice Maker. Dengan fitur ini, Anda bisa menyetel suara yang diinginkan sesuai kebutuhan.

7. Say As

Say As adalah fitur yang dapat membantu pengguna mendapatkan suara sesuai keinginan. Ada beberapa pengaturan fitur Say As yaitu date, time, address, telephone, character, digits, unit, spell-out, dan lain sebagainya.

#2 Cara Pasang Voice Maker Jadi Nada WA

Ganti Nada Dering Wa Pilih Dari File
Ganti Nada Dering Wa Pilih Dari File

Bagi Anda yang ingin memasang nada WhatsApp dari Voice Maker. Pastikan sudah membuat dan download sound of text di situs generator pengubah tulisan jadi suara ini. Adapun cara pasang Voice Maker jadi nada WA sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs https://voicemaker.in/
  2. Setelah itu, tulis kalimat pada kolom Text
    pilihan suara pria dengan label male di voice maker
    pilihan suara pria dengan label male di voice maker

  3. Silahkan atur speed, pauses, pitch dan lainnya
  4. Pilih karakter suara dan bahasa yang diinginkan
  5. Selanjutnya, klik Convert to Speech
  6. Download hasil suara menjadi format MP3
  7. Lanjutkan, buka WhatsApp di hp Anda
  8. Pilih icon tiga titik, lalu pilih  menu Setelan
  9. Pilih menu Notifikasi, cari nada notifikasi
  10. Pilih file audio MP3 dari Voice Maker

Sekarang nada dering atau notifikasi WhatsApp menjadi lebih keren ketika ada panggilan atau chat masuk. Agar suara dering lebih menarik, silahkan Anda bisa kreasikan sendiri teks yang dimasukan ke alat generator di Voice Maker untuk membuat nada dering sebut nama.

Demikian ulasan mengenai cara pasang Voice Maker jadi ringtone WA keren dan unik. Anda bisa memasang nada dering ini pada aplikasi telepon atau SMS agar saat ada panggilan dan pesan masuk akan terdengar lebih menarik.