Cara Mengganti Nada Dering WA dengan Lagu MP3 di Hp Android [+MP3 Lucu]

Table of contents [Expand]
Memiliki nada dering WhatsApp yang unik dan keren adalah keharusan jika kamu mengaku sebagai anak generasi kekinian. Munculnya beragam teknologi berbasis audio membuat setiap pengguna WA bebas mengekspresikan seleranya lewat ringtone notifikasi yang beda dari pengguna lainnya.

cara ganti nada dering wa di android
cara ganti nada dering wa di android

Karena dasar itu, Voiceoftext sebagai salah satu platform text-to-speech yang banyak memproduksi suara sound of text wa merasa perlu untuk memberikan panduan lengkap bagi para user semua. Lewat tulisan ini, kami akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara mengganti nada dering WhatsApp di hp Android versi terbaru tanpa harus menginstall aplikasi tambahan ataupun mengganggu fungsi ponsel kamu secara umum.

Cara Ubah Nada Dering WhatsApp tanpa Aplikasi

Untuk memiliki nada dering WhatsApp sesuai lagu ataupun mp3 pilihan kamu sendiri, ada dua tahapan utama yang harus dilakukan. Pertama adalah dengan menambahkan file mp3 ke dalam daftar ringtone di Android, kedua, kamu perlu mengubah nada dering notifikasi WhatsApp dengan file mp3 pilihan kamu yang sudah ditambahkan tadi.

Cara Menambahkan Ringtone Notifikasi di Android

Sebenarnya, tahapan ini cukup simpel. Kamu tidak perlu membuang-buang waktu dengan install aplikasi pihak ketiga ataupun melakukan root terhadap ponsel Android kamu. Berikut cara singkat menambahkan file mp3 ke dalam daftar nada dering di Android:
  1. Buka Pengaturan atau Settings pada menu utama (app drawer) di hp kamu
    menu settings di android
    menu settings di android

  2. Cari menu Sounds and Vibrations lalu pilih Ringtone
    menu sounds and vibration di settings android
    menu sounds and vibration di settings android

  3. Selanjutnya, klik tanda plus "+" di sebelah kanan
    icon add di setting ringtone android

  4. Akan muncul daftar file audio yang ada di ponsel kamu, silakan pilih file mp3 yang ingin kamu tambahkan sebagai nada dering
  5. Klik tombol Done dan selesai, file mp3 yang kamu inginkan sudah berhasil masuk dalam daftar nada dering notifikasi di hp android kamu. 
Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kamu sudah berhasil menambahkan file audio custom ke dalam daftar ringtone di ponsel Android kamu. Setelahnya, kamu dapat menjadikan file mp3 tersebut sebagai nada dering notifikasi beragam aplikasi seperti alarm, voice call, ringtone sms, hingga notifikasi aplikasi WhatsApp.

Cara Mengganti Nada Dering Notifikasi WhatsApp

Langkah selanjutnya untuk dapat menggunakan nada dering sendiri di aplikasi WA ialah mengubah ringtone notifikasi menjadi file mp3 yang sudah kamu tambahkan di tahap sebelumnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui lebih jelas cara ubah ringtone wa:
  1. Buka aplikasi WhatsApp
    icon titik tiga di wa
    icon titik tiga di wa

  2. Ketuk icon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu Settings yang ada dibagian bawah menu
  3. Pilih opsi Notifications dan tunggu hingga halaman pengaturan notifikasi WhatsApp terbuka
    pilih Notifications berlogo lonceng di wa
    pilih Notifications berlogo lonceng di wa

  4. Setelah jendela Notifications terbuka, kamu dapat mengatur nada dering wa di menu Notification tone, pilih menu tersebut di bagian Messages untuk mengatur ringtone notif pesan masuk atau pilih Ringtone di bagian Calls untuk mengatur nada dering jika ada panggilan WhatsApp yang masuk.
  5. Terakhir, pilih file mp3 yang sudah kamu siapkan tadi sebagai nada dering baru di WhatsApp hp kamu
  6. Selesai, tutup jendela pengaturan wa dan nikmati nada dering keren sesuai selera kamu  
Mudah saja bukan mengganti nada dering wa dengan lagu selama kamu memiliki file mp3 nya?

Download Nada Dering MP3 Lucu untuk WA 

Jika kamu belum memiliki nada dering musik mp3 yang kira-kira cocok, berikut kami berikan referensi daftar lagu dan nada dering mp3 lucu yang dapat kamu dengarkan dan download langsung lewat audio player dibawah ini dengan gratis:

Nada Dering MP3 Suara Doraemon

Nada Dering MP3 Lucu Suara Ketuk Pintu

Ringtone Unik Suara Air

Nada Dering MP3 Suara Tokoh Anime Super Mario

Cara mengunduhnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu klik tombol titik tiga di sebelah kanan audio player diatas dan tekan tombol download yang muncul untuk menyimpan file audio tersebut di perangkat yang kamu gunakan saat ini.

Sekian ulasan lengkap cara mengubah nada dering WhatsApp menjadi lebih lucu dan unik tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebagai informasi, kamu juga bisa membuat nada dering notifikasi dengan suara Google menggunakan teknik sound of text WhatsApp yang sudah kami ulas di artikel sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!