Text to Sound: Cara Ubah Tulisan Dalam Bentuk Suara Google

Table of contents [Expand]
Berawal dari tools Google Translate yang mempopulerkan teknologi speech synthesis lewat teknologi text to speech, saat ini suara robot Google sudah dapat kita dengar dimana-mana. Tidak heran, text to voice sebagai salah satu implementasi dari teknologi ini mulai banyak dicari dan digunakan oleh kalangan tertentu.

aplikasi text to sound terbaik
aplikasi text to sound terbaik

Setidaknya, ada 3 aplikasi text to sound baik itu berbasis website ataupun aplikasi hp yang dapat membantu kamu mengubah tulisan ke dalam bentuk suara. Lewat tulisan ini, Karinov Docs akan mengulas ketiga platform tersebut yang semuanya dapat kamu gunakan secara gratis. Berikut aplikasi untuk mengubah teks ke dalam bentuk suara atau yang biasa disebut platform voice text:

Sound of text

Sebagai salah satu pionir, sound of text yang merupakan adaptasi dari teknologi text to speech engine dari Google Translate ini menjadi aplikasi voice text paling populer. Dengan tampilan antar muka yang sangat sederhana, Sound of text dapat mengubah tulisan dalam beragam bahasa termasuk Indonesia dalam format suara.

text to sound dengan soundoftext.com
text to sound dengan soundoftext.com

Tidak hanya itu, file audio dari suara yang dihasilkan juga dapat kamu unduh secara gratis yang nantinya akan memiliki ekstensi .mp3. Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Langsung saja masuk ke situs https://soundoftext.com/ dan ketik teks yang ingin diubah pada kolom yang telah disediakan.

Selanjutnya, kamu tinggal memilih bahasa lalu menekan tombol Submit untuk dapat memutar atau langsung mengunduh suara yang dihasilkan dalam format MP3.

Aplikasi Voicebotika

Menyandang predikat sebagai salah satu aplikasi text to sound buatan dalam negeri, tidak membuat Voice Botika gagal unjuk kebolehan. Dengan dukungan teknologi Neural Natural Network, suara yang dihasilkan Voicebotika bisa dibilang berada diatas rata-rata engine text to speech berbahasa Indonesia.

buat suara dengan aplikasi voicebotika
buat suara dengan aplikasi voicebotika

Cara menggunakannya pun relatif mudah, kamu hanya perlu menginstall aplikasi ini dari tautan Google Play Voicebotika lalu mendaftarkan akun Botika secara gratis menggunakan email aktif yang kamu punya. Setelahnya, kamu sudah dapat menghasilkan suara buatan dari teks dengan kualitas ucapan yang sangat mirip seperti orang Indonesia pada umumnya.

Notification Reader: Shouter

Ingin membuat suara dari teks tanpa harus mengetik secara manual? Kamu bisa gunakan aplikasi Notification Reader: Shouter yang dapat diunduh secara gratis di Google Play. Keunikan dari aplikasi satu ini adalah kamu dapat mengubah tulisan notifikasi, status isi baterai, hingga pesan sms ke dalam bentuk suara Google secara otomatis.

logo aplikasi notification reader shouter
logo aplikasi notification reader shouter

Cara menggunakannya pun tidak sulit, kamu hanya perlu menginstall aplikasi Shouter di Google Play, izinkan akses notifikasi, lalu memilih aplikasi atau tulisan apa saja yang ingin diubah ke dalam format suara secara otomatis. Di aplikasi ini, kamu juga bisa memilih bahasa serta kecepatan bicara yang dihasilkan loh

Bagaimana sobat, mudah saja bukan mendapatkan suara dari text menggunakan 3 aplikasi yang kami rekomendasikan diatas. Dengan menggunakan tahapan-tahapan yang kami jabarkan, kamu juga bisa loh membuat suara Google menjadi voice over, pengisi suara konten video, bahkan memasang suara tts sebagai nada dering WhatsApp. Makin asyik bukan, yuk langsung saja terapkan cara yang telah kami sebutkan, selamat mencoba!