Download Sound of Text: Cara Bikin Nada Dering WA Suara Google

Table of contents [Expand]

Siapa yang tidak kenal Sound of Text? Aplikasi yang dikembangkan oleh developer bernama Nick Pierson serta didukung oleh perusahaan teknologi ternama seperti Duolingo, Anki, dan Memrise ini semakin populer di kalangan anak muda.

download soundoftext jadi nada dering
download soundoftext jadi nada dering

Apalagi jika bukan kemampuan Soundoftext.com yang dapat mengubah tulisan menjadi suara Google dengan bantuan teknologi text-to-speech. Lewat tulisan ini, kami akan mengulas bagaimana cara download sound of text serta alternatif aplikasi serupa yang dapat membantu kamu dalam mendapatkan file mp3 suara Google hasil konversi dari teks.

Cara Download Sound of Text

Sebenarnya, tidak sulit untuk mengunduh file audio dalam format MP3 menggunakan sound of text. Berikut langkah-langkah sederhana yang perlu kamu lakukan:

  1. Akses situs soundoftext.com lewat browser populer seperti Chrome atau Firefox
  2. Masukkan tulisan yang ingin diubah dalam bentuk suara pada kolom Text
  3. Pilih bahasa yang ingin dihasilkan pada kolom Voice. Terdapat 61 bahasa tersedia yang dapat kamu pilih mulai dari Indonesia, Inggris, Arab, hingga bahasa Rusia.
  4. Klik tombol Submit dan tunggu hingga muncul kolom Sounds dibagian bawah kolom aplikasi text to speech.
  5. Ketuk link bertuliskan DOWNLOAD seperti ditunjukkan tanda panah berikut dan kamu sudah berhasil mengunduh file suara Google dari aplikasi Sound of text.
Klik Download Sound Of Text
Klik Download Sound Of Text

Tidak sulit bukan menggunakan sound of text untuk download suara mirip Google Translate? Jika kamu menginginkan aplikasi serupa untuk dipasang sebagai aplikasi smartphone, kamu juga dapat mencoba aplikasi serupa dibawah ini.

Voicebotika: Bikin Suara Google Natural

Pilihan lainnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat suara Google via aplikasi Android adalah Voicebotika dari PT Botika Teknologi Indonesia. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat suara Google dengan pengucapan Indonesia yang sangat fasih hampir menyerupai suara orang asli.

Aplikasi Voicebotika Di Google Play
Aplikasi Voicebotika Di Google Play

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu harus memiliki akun Botika yang bisa kamu daftar langsung di dalam aplikasi secara gratis menggunakan email aktif yang kamu miliki. Hasil suara yang dihasilkannya pun cukup baik dikelasnya dengan pilihan gender suara wanita muda yang cepat atau wanita dewasa dengan tone yang lebih formal.

Buat Nada Dering Suara Google

Untuk membuat nada dering WhatsApp dengan suara Google menggunakan Sound of text maupun Voicebotika, kamu memerlukan beberapa step tambahan setelah mendapatkan file MP3 dari kedua aplikasi diatas.

Berikut langkah-langkah untuk bikin nada dering sendiri dengan suara Google menggunakan bantuan aplikasi text to speech:

  1. Ketik teks yang ingin diubah menjadi ringtone suara notifikasi
  2. Klik tombol konversi dan tekan tombol Download/Unduh untuk menyimpan file MP3 nada dering di dalam ponsel
  3. Simpan file mp3 suara Google tadi di dalam folder Notifications yang ada dalam Internal Storage ponsel Android kamu
  4. Setelahnya, buka aplikasi WA, masuk ke Pengaturan (Settings), lalu klik menu Notifications, pilih Notification tone, lalu pilih nama file mp3 suara Google yang sudah kamu pindahkan di tahap sebelumnya.
  5. Tinggal tutup Pengaturan WA dan selesai, maka nada dering WA buatan kamu sendiri sudah terpasang sebagai notifikasi jika ada pesan yang masuk.
Cara Buat Nada Dering Di Android
Cara Buat Nada Dering Di Android

Dengan semua panduan lengkap diatas, kamu sudah dapat mengubah tulisan menjadi suara Google bahkan memasangnya sebagai nada dering notifikasi WA. Silakan kreasikan kata-kata serta ucapan suara Google sesuai dengan selera kamu, selamat mencoba guys!