Tutorial Bot Telegram untuk Bikin Suara Google dari Teks

Daftar isi [Tampil]
Saat ini, anak-anak muda mulai beralih platform chatting ke Telegram. Bukan tanpa alasan, selain isu privasi, Telegram dinilai lebih kaya karena menawarka fitur chatter bot yang lebih entertaining. Diantara bot yang cukup populer adalah bot Telegram untuk mengubah teks menjadi suara yang dapat diunduh dalam format mp3.

chat bot text to speech di telegram
chat bot text to speech di telegram

Cara Bikin Suara Google di Telegram

Lewat tulisan ini, kami akan mengulas secara mendalam bagaimana cara menggunakan bot Tele agar kalian dapat mengonversi teks ke dalam file audio dengan dukungan teknologi text-to-speech. Penasaran bagaimana caranya, berikut panduannya:

  1. Buka aplikasi Telegram baik via ponsel maupun browser PC atau laptop di alamat https://web.telegram.org/
  2. Cari bot text to speech di kolom Search dengan username @TTSBot atau di tautan berikut ini: https://t.me/TTSBot
  3. Tekan tombol START atau shortcut /start untuk memulai percakapan
    menu aplikasi bot tts di telegram
    menu aplikasi bot tts di telegram
  4. Setelahnya, akan muncul menu yang bisa kamu pilih. Klik tombol Speak jika kamu ingin langsung mengonversi teks ya kamu miliki ke dalam file audio suara Google
  5. Untuk mengubah bahasa, silakan klik tombol Settings lalu tekan Language atau gunakan shortcut /language. Ada 6 pilihan bahasa yang bisa digunakan seperti Inggris, Italy, Spanyol, German, Rusia dan Prancis.
  6. Jika proses konversi teks ke dalam suara audio telah selesai, kamu dapat menyimpan file tersebut dengan tombol Download atau memutar suara tersebut dengan tombol Play
Sederhana saja bukan menggunakan Bot Telegram untuk membuat suara Google dari teks. Buat yang belum tahu, jangan khawatir dengan isu privasi karena TTSBot ini hanya menyimpan file MP3 dari suara yang dihasilkan secara temporer. 

Tidak hanya itu, Bot yang didevelop menggunakan bahasa pemrograman Phyton ininpun dibuat secara open source dan bisa kalian pelajari di Github Fumaz TTSBot. Menariknya, bot ini dapat bekerja tidak hanya lewat chat langsung melainkan juga dapat kalian beberapa tipe chat lainnya seperti:
  • private chat
  • group chat
  • dan inline chat
Walaupun saat ini bahasa Indonesia belum didukung oleh TTS Bot di Telegram, namun dalam informasi yang mereka cantumkan, akan dihadirkan opsi bahasa yang lebih banyak ke depannya. Semoga saja bahasa Indonesia termasuk yang mereka prioritaskan untuk jadi fitur di TTSBot ini dengan segera. Selamat mencoba sobat Voiceoftext!