FreeTTS MP3 Buat Nada Dering Sendiri Ada Namanya, Bisa Pasang di WA!

Table of contents [Expand]

Salah satu sound of text atau tools pengubah text menjadi suara adalah Freetts. Platform satu ini cukup populer di Indonesia dan bisa mengubah teks apapun dalam bentuk suara. 

Setelah menjadi suara bisa kamu gunakan untuk nada dering di smartphone baik itu Whatsapp, telepon, atau SMS. Untuk kualitas suara tidak perlu dipertanyakan lagi karena bisa memilih antara pria atau wanita. Lalu bagaimana cara membuat nada dering di platform tersebut? Berikut ulasannya

#1 Fitur-Fitur Freetts

Sebelum kamu membuat suara di platform tersebut ada beberapa fitur yang perlu kamu ketahui di platform tersebut, diantaranya:

1. Limit up to 5000 Karakter

Dari sekian platform sound of text, Freetts memiliki limit pengetikkan kata-kata hingga 5.000 karakter. Jumlah ini jelas sangat panjang dan jika dibuat durasi waktu bisa sampai 3 menit atau lebih. 

Jumlah limit ini juga bisa kamu manfaatkan secara gratis tanpa untuk membuat nada dering. Limit tersebut berlaku untuk pengetikan setiap bahasa yang ada di platform tersebut. 

2. Puluhan Bahasa

Di Freetts tersedia puluhan bahasa asing dan di dalamnya termasuk bahasa Indonesia. Dengan pilihan bahasa ini kamu bisa membuat nada dering jenis apapun di platform tersebut. 

3. Gratis

fitur fitur unggulan freetts mp3
fitur fitur unggulan freetts mp3

Hal terpenting dalam merubah teks menjadi suara ini prosesnya sangat mudah dan gratis. Di platform ini tidak ada pilihan akun premium karena semua fitur di dalamnya bisa kamu manfaatkan secara gratis. 

Dengan demikian kamu tidak perlu berlangganan bulanan atau tahunan di Freetts. Kamu tinggal ketikkan teks lalu setelah berubah menjadi suara tinggal di download dan hasilnya akan tersimpan secara otomatis. 

4. Pilihan Suara Beragam

Di platform ini tidak hanya ada satu suara melainkan ada tiga atau lebih pilihan voice. Untuk pilihan suara tergantung pada bahasa yang kamu pilihan di platform Fretts.

Misalnya untuk bahasa Indonesia ada pilihan suara pria dan wanita. Sedangkan untuk bahasa Inggris dan lainnya pilihan suara lengkap beserta pilihan nama orang yang bisa kamu pilih. 

#2 Kelebihan Freetts

Sedangkan untuk kelebihan yang ada pada Freetts juga ada beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. 100% Aman

Semua suara yang kamu unduh di platform tersebut dipastikan 100% aman dari berbagai virus. Sehingga semua data yang kamu miliki di smartphone akan tetap terlindungi dan perangkatnya pun aman dari kerusakan. 

2. Format MP3

Semua suara atau nada dering yang kamu unduh di platform tersebut berformat MP3. Dengan format ini maka tidak perlu menggunakan software tambahan untuk merubahnya menjadi MP3. 

Selain itu dengan format MP3 bisa langsung kamu jadikan nada dering di aplikasi smartphone. Hal ini jelas lebih memudahkan kamu dan lebih efisien untuk menjadikannya nada dering di aplikasi. 

3. Tanpa Membuat Akun

Pada saat kamu ingin mengubah teks menjadi suara bisa langsung digunakan di platform tersebut. Kamu tinggal ketikkan teks lalu ubah menjadi suara dan unduh ke smartphone,

Dengan demikian proses pembuatannya tidak perlu registrasi terlebih dahulu dan untuk kemudian login. Proses seperti ini jelas membuat kamu lebih lama dalam mengubah teks menjadi suara. 

4. Free Commercial

Dalam proses merubah teks ke suara ini tidak ada lisensinya sehingga kamu bebas untuk menggunakannya. Bahkan hasil suara dari platform ini bisa kamu jual baik untuk nada dering atau voice over 

#3 Cara Buat Nada Dering dengan Freetts

Untuk membuat nada dering di platform ini cukup mudah dan berikut tutorial selengkapnya:

cara buat nada dering ada nama sendiri di freetts
cara buat nada dering ada nama sendiri di freetts

  1. Kamu bisa membuka browser Google Chrome atau lainnya dan pastikan terkoneksi internet. 
  2. Setelah terbuka kamu bisa mengetikkan https://freetts.com/ di kolom pencarian. 
  3. Lalu kamu scroll ke bawah dan ketikkan kata-kata yang ingin diubah menjadi suara di kolom teks. 
  4. Di sisi kiri layar, kamu bisa mengganti language sesuai kata yang kamu ketikkan sebelumnya. 
  5. Lalu di sebelah kanannya, kamu bisa mengganti voice baik dengan suara pria atau wanita. 
  6. Silahkan kamu cek kembali kata-katanya dan jika sudah benar klik saja convert to MP3. 
  7. Kamu bisa dengarkan terlebih dahulu hasil suaranya dan setelah sesuai klik download MP3. 

Saat proses download ini maka suara tersebut akan otomatis tersimpan di smartphone. Jika ingin membuat lagi, kamu bisa mengulangi tutorial di atas dan hasil suaranya bisa digunakan untuk nada dering. 

Lihat juga: Cara Buat Nada Dering WA Sebut Nama dengan Suara Google

#4 Cara Pasang Nada Dering di Whatsapp

Setelah proses pembuatan nada dering selesai, kamu bisa pasang suaranya di Whatsapp dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp yang di install di smartphone. 
  2. Setelah terbuka, kamu bisa klik tiga titik di kanan atas lalu pilih setelan. 
  3. Dari pilihan menu yang ada, kamu bisa klik notifikasi. 
  4. Selanjutnya kamu bisa memilih nada dering yang akan diganti baik chat, grup atau panggilan. 
  5. Setelah dipilih, kamu bisa klik nada dering
    pilih nada dering dari file freetts mp3
    pilih nada dering dari file freetts mp3

  6. Dari bagian ini, kamu bisa memilih pilih dari file. 
  7. Lalu carilah nada dering yang kamu unduh dari Freetts. 
  8. Setelah ketemu, kamu bisa klik dan nada dering WA akan otomatis berubah. 

Kamu bisa mengganti nada dering chat, grup atau panggilan secara bersamaan di aplikasi tersebut. Karena ada tiga menu maka silahkan unduh tiga nada dering agar bisa digunakan satu per satu di aplikasi tersebut. 

Secara keseluruhan cara buat nada dering dengan Freetts dari Voiceoftext.com diatas bisa dilakukan secara gratis dan tidak perlu login. Selain itu, limitnya mencapai 5000 karakter dan kamu bisa memilih suara yang tersedia baik pria atau wanita.