Sound of Text Spongebob WA dari Teks ke Suara, Begini Cara Mudah Membuatnya!

Table of contents [Expand]
Sound of text sebagai salah satu aplikasi text to speech yang sangat populer baru-baru ini memiliki fitur yang sangat kaya dan dicari oleh banyak pengguna internet. Kemampuan untuk mengubah tulisan menjadi suara merupakan sebuah kemudahan yang bisa dinikmati dengan cara yang sangat mudah.

cara buat sound of text spongebob
cara buat sound of text spongebob

Spongebob sebagai salah satu tokoh kartun populer di kalangan anak-anak dikenal memiliki suara yang sangat khas. Dengan suara cempreng yang khas, tidak heran apabila banyak orang yang ingin menggunakan aplikasi Sound of Text Spongebob untuk mendapatkan suara tokoh ini secara online.

Cara Buat Sound of text Spongebob dari Teks

Lewat tulisan berikut, Karinov Docs akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara membuat suara Spongebob dari tulisan menggunakan aplikasi Sound of text berikut ini:
  1. Siapkan tulisan yang akan diubah menjadi suara Spongebob dalam bahasa Inggris. Jika kamu hanya memiliki teks dalam bahasa Indonesia, kamu dapat menerjemahkan nya terlebih dahulu menggunakan tools Google Translate Indonesia ke Inggris terlebih dahulu.
  2. Buka halaman berikut https://vo.codes/ dan masukkan teks yang telah kamu siapkan pada kolom yang tersedia.
  3. Untuk mendapatkan suara Spongebob, kamu bisa memilih Cartoons and Anime pada kolom speaker sedangkan pada kolom Spectogram kamu dapat memilih opsi Spongebob seperti gambar dibawah ini.
    membuat suara spongebob sound of text
    membuat suara spongebob sound of text
  4. Setelah pengaturan sudah seseuai, silakan klik tombol Speak untuk menghasilkan suara Spongebob dari teks yang kamu masukkan. 
  5. Untuk mendapatkan file audio dalam format mp3, kamu bisa mengunduh dengan menekan tombol 'Permalink & Download' terlebih dahulu, baru menekan tombol Download file yang berwarna hijau setelah spectogram suara Spongebob muncul.
    spectogram dan tombol download suara spongebob
    spectogram dan tombol download suara spongebob

Adapun contoh suara spongebob yang dihasilkan dengan cara diatas dapat kamu putar dan download lewat player suara Spongebob dibawah ini:

Sound of text suara Spongebob



Cara Ganti Nada Dering WA dari Sound of text Spongebob

Setelah kamu berhasil download sound of text Spongebob sesuai dengan keinginan dalam format mp3, maka selanjutnya kamu bisa gunakan nada dering tersebut menjadi nada dering WA. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengganti nada dering WA.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel milikmu.
  2. Setelah itu, kamu bisa ketuk ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih menu "Settings"
    cara ganti nada dering wa lewat notification setting
    cara ganti nada dering wa lewat notification setting

  4. Selanjutnya, ketuk menu "Notifications"
  5. Kamu bisa melakukan pengaturan nada dering untuk pesan, panggilan, dan grup.
  6. Kamu bisa mulai dengan mengatur nada dering pesan (Messages) terlebih dulu.
  7. Kemudian, akan muncul tab "Permission Request"
  8. Klik tombol "Allow" untuk menyetujuinya.
    pilih dari file mp3 sound of text spongebob
    pilih dari file mp3 sound of text spongebob

  9. Pilih file mp3 nada dering wa sound of text Spongebob yang telah kamu download.
  10. Setelah berhasil, kamu bisa lakukan langkah yang sama untuk ganti nada dering untuk panggilan dan grup.
Mudah saja bukan menghasilkan suara tokoh kartu dengan Sound of text Spongebob dengan tutorial yang telah kami jabarkan diatas? Dengan cara yang relatif mirip, sebenarnya kamu bisa saja menghasilkan Sound of text Jawa atau bahkan Sunda dengan cara download suara Google Translate ini. 

Hadirnya teknologi TTS saat ini tidak lepas dengan perkembangan teknologi artificial intelligence yang begitu pesat. Sehingga beragam tulisan dari berbagai bahasa dapat dengan mudah dikonversi menjadi suara buatan dengan gaya bicara yang senatural mungkin. Masih banyak pengembangan serta implementasi lebih jauh dari teknologi ini dari hanya sekedar hiburan suara kartun atau anime, jadi jangan lupa untuk terus mencoba teknologi text to speech ini ya!