Ubah Nada Pesan WA jadi Lebih Lucu dan Unik tanpa Install Aplikasi Pihak Ketiga

Table of contents [Expand]

Meskipun sudah lama menggunakan Whatsapp, ternyata masih ada saja yang belum tahu cara ubah nada pesan masuk di Whatsapp. Selain karena memang letaknya yang cukup tersembunyi, fitur ini terkadang tidak terlalu penting bagi mereka yang menggunakan mode diam di smartphone-nya. 

Ubah Nada Pesan WA jadi Lucu
Ubah Nada Pesan WA jadi Lucu

Tapi bagi beberapa orang yang ingin mengganti nada dering pesan, mengetahui cara mengubahnya adalah hal yang penting. Jadi disini kami akan berikan langkah per langkah bagaimana cara mengubah nada dering pesan di WA bagi Anda yang masih belum tahu. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Ubah Nada Pesan Masuk di Whatsapp

Secara default, Whatsapp sudah menyiapkan berbagai nada dering yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan nada dering awal yang mungkin saat ini sedang Anda gunakan. Tapi jika Anda ingin menggunakan nada buatan sendiri atau nada dari luar, Whatsapp juga menyediakan fiturnya.

Tapi pertama-tama Anda harus menyimpan nada dering yang digunakan di memori internal dahulu. Sedangkan untuk mengubahnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama buka aplikasi Whatsapp di smartphone Anda
  • Setelah itu masuk ke menu Pengaturan dengan klik ikon titik tiga di bagian halaman atas aplikasi
    tombol pengaturan di aplikasi wa
    tombol pengaturan di aplikasi wa

  • Selanjutnya klik Settings 
  • Di halaman settings, masuk ke pengaturan notifikasi dengan klik Notifications.
    menu notif untuk pasang nada dering wa
    menu notif untuk pasang nada dering wa

  • Akan ada 3 pilihan yakni pilihan nada dering panggilan, nada dering pesan, dan nada dering group. Pilih nada dering untuk pesan (messages).
    ubah nada dering notifikasi pesan masuk di whatsapp
    ubah nada dering notifikasi pesan masuk di whatsapp

  • Setelah itu pilih nada yang Anda inginkan. Di bagian ini pilihan nada dering yang diberikan adalah nada default dari aplikasi Whatsapp. Jika ada yang cocok, klik nada tersebut dan klik OK
  • Jika tidak ada yang cocok, klik More Ringtones dan pilih dari memori internal Anda setelah itu klik OK
  • Selesai, nada dering notifikasi pesan Anda resmi berubah sesuai selera Anda.

Untuk menggunakan nada dering sendiri, pastikan Anda menyimpan file-nya di folder Ringtones di dalam folder direktori Whatsapp. Karena jika tidak, Whatsapp tidak akan bisa mengenali file Anda dan tidak akan terbaca di aplikasi.

Buat Nada Pesan WA dengan MP3 Keren dan Unik

Saat ini, sedang trend penggunaan suara Google sebagai nada dering WA dengan kata-kata sendiri. Kamu dapat mengunduh suara Google dalam format mp3 dari tulisan beragam bahasa lewat situs Voiceoftext.com di bagian TTS (text to speech). 

Buat nada pesan wa unik dan keren dengan voiceoftext
Buat nada pesan wa unik dan keren dengan voiceoftext

Setelah unduh nada dering tersebut, kamu dapat menyimpan file mp3 nada dering suara Google di folder Ringtones pada media penyimpanan Internal Storage ponsel Android kamu.

simpan nada dering baru di android
simpan nada dering baru di android

Jika nada dering MP3 sudah kamu simpan di folder Ringtones, kamu cukup mengikuti langkah langkah standar mengganti nada pesan WA di tutorial sebelumnya untuk menjadikan mp3 suara Google ini menjadi notifikasi WhatsApp kamu yang baru.

Cara Reset Nada Dering Whatsapp

Jika Anda ingin mengembalikan nada dering ke pengaturan awal, Anda tidak perlu berlama-lama dengan mengaturnya secara manual satu persatu. Di Whatsapp, mereka menyediakan tombol untuk mereset semua nada dering yang sudah Anda ubah. Berikut cara mengubah nada dering WA kembali seperti semula:

  • Buka aplikasi Whatsapp di smartphone Anda
  • Klik ikon titik tiga di bagian atas halaman chat Whatsapp
  • Pilih dan klik Settings untuk masuk ke pengaturan aplikasi
  • Klik opsi Notifications
  • Di halaman notifikasi ini tekan ikon titik tiga di halaman atas aplikasi sekali lagi
    cara reset pengaturan notifikasi di menu notifications aplikasi whatsapp
    cara reset pengaturan notifikasi di menu notifications aplikasi whatsapp

  • Lalu pilih Reset Notification Settings atau Atur Ulang Notifikasi
  • Selesai, semua nada dering notifikasi Anda kembali ke pengaturan semula.

Dengan melakukan reset, Anda bisa mengatur ulang kembali semua nada dering yang pernah Anda ubah. Jadi jika Anda hanya ingin mereset nada dering pesan sebaiknya jangan lakukan cara ini. Tapi ubah secara manual nada dering pesan tersebut secara manual dengan tutorial yang sudah kami berikan di atas.

Cara ubah nada pesan masuk di Whatsapp sangatlah mudah. Hanya saja tempat untuk mengubahnya sedikit tersembunyi sehingga membuat banyak orang bingung. Sekarang dengan mengubah nada dering WA Anda bisa menikmati nada dering baru atau secara custom tanpa harus bosan dengan nada dering yang itu-itu saja.